Iklan

,

Iklan

iklan

Indeks Kanal

25 Nyawa Melayang Akibat Bus Menabrak Tembok Pembatas Jalan

Redaktur
July 02, 2023, 1:13:00 PM WIB Last Updated 2023-07-30T04:13:04Z


Kecelakaan hebat terjadi, sebuah Bus penumpang di negara bagian Maharashtra di India barat mengalami kecelakaan dan terbakar, peristiwa itu menewaskan sedikitnya 25 orang dan melukai delapan orang di dalamnya.


Polisi setempat menginformasikan, insiden itu terjadi pada hari Sabtu pukul 01.35 dini hari, ketika bus sedang dalam perjalanan dari Nagpur ke Pune di jalan tol Samruddhi Mahamarg di distrik Buldhana India.


Polisi mengatakan, bus itu melaju dengan kecepatan tinggi ketika menabrak tiang dan menabrak dinding di jalan raya, yang menyebabkan ledakan di tangki diesel bus yang membakar kendaraan itu.


Ada 33 penumpang di dalamnya, termasuk dua pengemudi dan seorang staf lainnya. Pengemudi bus selamat dari kecelakaan tersebut sementara seorang lainnya, yang sedang tidur di dalam bus, meninggal dunia.


“Orang-orang tidak dapat melarikan diri dari api. Sekitar delapan orang berhasil selamat dari insiden itu, tetapi sayangnya, 25 orang telah meninggal dunia,” kata pejabat polisi Sunil Kadasane.


“Kematian ini disebabkan karena terbakar bukan akibat kecelakaan karena semua jenazah hangus parah,” imbuhnya seperti dikutip dari Independent, Minggu 02/07/2023.


Pejabat polisi mengatakan mereka sedang menyelidiki penyebab kecelakaan itu dan mereka sedang dalam proses mendaftarkan pengaduan resmi.


Polisi mengatakan sebagian besar penumpang sedang tidur karena masih pagi ketika kecelakaan itu terjadi. Bus terbalik ke sisi di mana ada pintu, menghalangi penumpang keluar dari pintu dan jendela, tambah mereka.


Seorang saksi mata dari kecelakaan bus yang tragis mengatakan kepada kantor berita PTI bahwa dia melihat "orang-orang terbakar hidup-hidup" sementara banyak yang berusaha memecahkan jendela saat kobaran api menyapu kendaraan dalam waktu singkat.


Seorang penduduk setempat yang tidak disebutkan namanya mengatakan: “Orang-orang di dalam berusaha memecahkan jendela. Kami melihat orang-orang dibakar hidup-hidup...Apinya sangat besar sehingga kami tidak bisa berbuat apa-apa. Kami menangis.


Seorang yang selamat dari kecelakaan itu berkata: "Penumpang duduk di sebelah saya dan saya berhasil melarikan diri dengan memecahkan jendela belakang."


Ketua Menteri Maharashtra Eknath Sindhe menyatakan kesedihan yang mendalam atas kecelakaan yang mengerikan itu dan mengunjungi lokasi kecelakaan untuk mengetahui situasinya.


Sindhe mengumumkan memberikan santunan sebesar Rp91 juta kepada kerabat terdekat dari mereka yang meninggal dalam insiden tersebut.



“Sambil menginstruksikan untuk memberikan pertolongan segera kepada korban kecelakaan, Ketua Menteri juga mengarahkan untuk memberikan perawatan medis segera kepada yang terluka atas biaya pemerintah,” kata kantornya.


Pemilik bus Virendra Darna mengatakan kendaraan tersebut dibeli pada tahun 2020 dan pengemudinya sudah berpengalaman.


Kami membeli bus pada tahun 2020. Sopir bus Denmark sudah berpengalaman dalam mengemudi. Kami mendapat informasi bahwa bus tersebut menabrak pembatas jalan setelah ban pecah. Karena ada barang yang mudah terbakar di dalam bus, bus itu terbakar,” katanya


Perdana Menteri India Narendra Modi juga menyatakan duka cita atas kematian tersebut dan mengumumkan exgratia sebesar Rp39 juta kepada kerabat terdekat dari mereka yang tewas dalam kecelakaan itu.


“Sangat sedih dengan kecelakaan bus yang menghancurkan di Buldhana, Maharashtra. Pikiran dan doa saya bersama keluarga mereka yang kehilangan nyawa. Semoga yang terluka segera pulih. Pemerintah setempat memberikan semua bantuan yang mungkin kepada yang terkena dampak,” kata kantor perdana menteri dalam Sebuah keterangan nya.




Editor: Rinto Wahyudi.

Iklan

Advertisement
Advertisement

Advertisement
Advertisement



Advertisement


Advertisement
Advertisement

iklan
Advertisement

iklan
Advertisement
Advertisement
iklan
Advertisement