Iklan

,

Iklan

iklan

Indeks Kanal

DLH Kota Sukabumi Terima Bantuan 4 Unit Truk Pengangkut Sampah dari Provinsi Jawa Barat

Redaktur
July 10, 2023, 2:07:00 PM WIB Last Updated 2023-07-30T04:13:04Z

SUKABUMI|SUARANA- Bantuan dari Provinsi Jawa Barat berupa lima kendaraan pengangkut sampah. Terdiri dari, 4 dump truck dan 1 unit arm roll diterima oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Sukabumi (DLH) 09/07/2023.


Kepala Bidang Pengelolaan Sampah,Limbah B3 dan Peran Serta Masyarakat, Arlan Paranti Rivai Mengungkapkan "Alhamdulillah, tahun ini kita mendapatkan bantuan lima unit kendaraan dari Banprov Jabar," ujarnya.



Arlan mengatakan, untuk empat dump trukc Rencananya, akan dipergunakan untuk rute jalan lingkar selatan. Karena, selama ini untuk operasional belum ada diwilayah tersebut, karena keterbatasan dengan sumber daya manusia. Tapi, dengan adanya bantuan ini tentu saja harus menambah rute. Tapi, perlu didukung juga oleh kru dan supir.


"Secara operasional kami ingin menambah rute ke jalan lingkar selatan yang selama ini belum ada. Nah, dengan adanya Banprov tersebut, kita akan buka arah kesana," ungkapnya.


Tapi, lanjut Arlan, pembukaan rute operasioanl itu akan direncanakan untuk tahun depan. Untuk sementara ini, akan memperbaiki dulu kendaraan yang masih dalam perbaikan."Tahun depan akan kita ajukan untuk penambahan rute tersebut. Karena tahun ini anggarannya juga sudah berjalan, jadi kita masih memperbaiki kendaraan yang sedang alami trouble," ucapnya.


Sedangkan untuk satu unit damp truck arm roll, akan digunakan untuk penanganan-penanganan sampah. Terutama di wilayah perumahan umum yang sudah di serahkan ke Pemda Kota Sukabumi. Seperti, berada di Kecamatan Cikole.


"Karena sekarang ada beberapa perumahan yang sudah diserahkan ke Pemda, jadi harus dipikirkan juga untuk pelayanannya. Apalagi nanti bisa ditarik retribusinya," jelas Arlan.


Dengan adanya bantuan ini tentu saja bisa lebih menangani masalah sampah di Kota Sukabumi. Makanya, pihaknya juga meminta masyarakat terus ikut berperan aktif dalam mengelola sampah.


"Tentu saja bantuan yang ada ini akan meningkatkan juga dalam menangani sampah yang ada.dan kami berharap masyarakat terus aktif dalam dalam mengelola sampah, terutama saat akan membuang ke Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) bisa memilah dulu supaya sampah yang akan diangkut ke TPA itu sedikit," imbuhnya.


Kita menghimbau kepada masyarakat, untuk bersama-sama menjaga kebersihan, karena penanganan atau pengelolaan sampah itu bukan hanya tugas DLH saja, melainkan semua warga.


 Rep: Duduh Sukriadi 

      Editor: Rin**


Iklan

Advertisement
Advertisement

Advertisement
Advertisement



Advertisement


Advertisement
Advertisement

iklan
Advertisement

iklan
Advertisement

iklan
Advertisement