Iklan

,

Iklan

iklan

Indeks Kanal

Kisruhnya PPDB di SMAN 1 Cisolok kab Sukabumi

Redaktur
July 22, 2023, 3:32:00 PM WIB Last Updated 2023-07-30T04:13:04Z

SUKABUMI|SUARANA - Kisruh, puluhan siswa tidak diterima di SMAN 1 Cisolok, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jalur Zonasi 2023 masih menjadi perbincangan.


Menurut pantauan wartawan, saat ini ratusan siswa baru tengah mengikuti pengenalan lingkungan sekolah di SMAN 1 Cisolok, Jumat 21/07/2023.


Saat dikonfirmasi, Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Humas SMAN 1 Cisolok, Yayan M Ramdan, menegaskan, tidak ada penolakan siswa dalam PPDB Jalur Zonasi.

"Jadi perlu disampaikan bahwa SMA Cisolok tidak pernah menolak siswa. Siapa pun yang daftar dipersilakan," kata Yayan saat ditemui di SMAN 1 Cisolok.


Yayan mengatakan, pihaknya memberlakukan mekanisme pendaftaran siswa baru jalur zonasi sesuai dengan aturan yang berlaku.


"Namun tentu saja sesuai dengan aturan PPDB yang berlaku bahwa sesuai dengan kuota yang disiapkan oleh sekolah, yang tersedia, sehingga akhirnya diberlakukan atau masuk dalam zonasi."


"Tidak ada diksi ditolak. Itu tidak ada. Semua siswa boleh daftar, namun tentu saja masalah dia akan lulus atau diterima atau tidak, itu nanti sistem zonasi yang akan menentukan."



Yayan menjelaskan, pihak sekolah hanya bertugas sebagai penginput data siswa baru, mulai dari nomor kartu keluarga (KK) dan nomor induk kependudukan (NIK).


"Kemudian sistem itulah yang menentukan karena akan langsung terkoneksi dengan GPS, jadi akan langsung muncul GPS-nya," kata Yayan.


Karena itu, ujar Yayan, sistem akan melakukan seleksi jarak sekolah dengan jarak rumah siswa sesuai alamat di kartu keluarga untuk menentukan diterima atau tidak saat daftar jalur zonasi.


"Sistem yang akan mengadakan seleksinya sendiri berdasarkan zonasi sesuai dengan ketersediaan jumlah bangku ataupun kuota yang tersedia di SMA Cisolok," ujarnya.


Yayan menjelaskan, ketika tidak diterima di SMAN 1 Cisolok atau sebagai pilihan pertama saat pendaftaran PPDB Jalur Zonasi, siswa baru akan otomatis mendapatkan pengumuman penerimaan siswa baru di sekolah pilihan kedua yang dipilih saat daftar secara online.



"Jadi untuk pilihan secara siswa itu kan mereka menulis pilihan 1 dan pilihan 2. Nah, jika seandainya lewat jalur zonasi ini pilihan 1 tidak lolos karena faktor jarak, maka secara otomatis siswa tersebut dirujuk ke pilihan 2," jelasnya.


"Dan alhamdulillah, seperti yang sudah bisa dilihat bahwa jumlah siswa yang tidak bisa masuk di SMA Cisolok ternyata alhamdulillah diterima di SMAN 1 Cikakak, jadi memang sudah ada pilihan kedua," pungkasnya.




       Rep: Duduh Sukriadi.

            Editor: Rin**

 

Iklan

Advertisement
Advertisement

Advertisement
Advertisement



Advertisement


Advertisement
Advertisement

iklan
Advertisement

iklan
Advertisement

iklan
Advertisement