Iklan

,

Iklan

iklan

Indeks Kanal

Persiapan Aman dan Nyaman Mudik Lebaran di Karawang: 1.756 Personel Gabungan Siaga, Tes Urin Pengemudi, dan Bus Mudik Gratis

March 29, 2024, 9:45:00 AM WIB Last Updated 2024-03-29T02:45:42Z
 
KARAWANG | Suarana.com – Sebanyak 1.756 personel gabungan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, siap diturunkan pada pengamanan musim mudik lebaran tahun ini.

Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono, di Karawang , Kamis mengatakan, sesuai dengan hasil rapat koordinasi lintas sektoral Ketupat Lodaya 2024, pengamanan mudik lebaran di Karawang akan melibatkan 1.756 personel gabungan.

“Saya berharap masing-masing sektor yang terkait dalam Operasi Ketupat Lodaya ini harus bisa mengusahakan empat aspek utama yakni keamanan, keselamatan, kelancaran dan terakhir ketertiban masyarakat,” ujar Aep.

Selain itu, pihaknya juga akan mempersiapkan perbaikan infrastruktur yang akan dilintasi oleh para pemudik agar saat melakukan mudik melintas di Kabupaten Karawang nyaman dan memprioritaskan keselamatan para pemudik.

Sementara itu, Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono menyebutkan bahwa ada beberapa aspek keamanan yang menjadi prioritas Polres Karawang yang pertama, yakni warga Karawang yang hendak mudik ke kampung halamannya.

“Kami akan melakukan pengamanan dari rumah yang akan ditinggalkan warga mudik. Anggota kepolisian bersama perangkat warga akan melakukan patroli rutin di rumah-rumah yang akan ditinggalkan,” kata Kapolres.

Kemudian yang kedua, yakni pengecekan kendaraan yang akan digunakan untuk mudik. Jika menggunakan kendaraan pribadi seperti roda dua kami harapkan warga lebih memilih untuk menggunakan trasportasi bus agar lebih aman dan kendaraan miliknya dapat dititipkan di Polsek terdekat.

“Kami juga akan memastikan kelayakan transportasi umum apakah layak digunakan untuk mudik dan akan melakukan tes urin kepada para pengemudi transportasi umum,” ungkap Kapolres.

Selain itu, Polres dan Pemkab Karawang juga telah menyediakan sejumlah bus mudik gratis untuk warga yang akan mudik, tentunya akan diberlakukan tes urin juga kepada pengemudi.

Ketiga, yakni kelancaran yang meliputi perbaikan infrastruktur jalan, pemasangan rambu dan penerangan jalan untuk mengantisipasi resiko adanya kecelakaan lalu lintas.

Selanjutnya, yang terakhir adalah ketertiban dan keamanan masyarakat pada malam takbiran, masa libur hari raya hingga selesai libur hari raya dan pasca libur hari raya.

“Pihak kepolisian akan gencar melaksanakan patroli di tiap-tiap wilayah yang akan dilakukan oleh Polsek di wilayah tersebut dengan menggandeng tokoh masyarakat dan sumber daya lainnya agar terciptanya keamanan dan ketertiban di masyarakat,” tutur Kapolres.




Rls/Red

Iklan

Advertisement
Advertisement

Advertisement
Advertisement



Advertisement


Advertisement
Advertisement

iklan
Advertisement

iklan
Advertisement
Advertisement
iklan
Advertisement