Iklan

,

Iklan

iklan

Indeks Kanal

Kirab Budaya dan Sedekah Bumi Desa Wates, Tradisi Peninggalan Leluhur yang Terus Dilestarikan

Redaktur
June 10, 2024, 2:08:00 PM WIB Last Updated 2024-06-10T07:08:25Z

KUDUS | Suarana.com - Acara sedekah bumi sebagai tradisi peninggalan para leluhur di sebagian besar kota Kudus  itu sampai sat ini masih tetap dilaksanakan.

Tradisi turun temurun yang di wariskan oleh pendahulu  pendahulu desa di sebagian besar desa di kabupaten Kudus  adalah sebagai  ungkapan rasa syukur terhadap Tuhan yang Maha kuasa atas lipahan berkah yang telah di berikanbta, 
Serta sebaga selamatan untuk segenap desa agar warga desa selamat, tudak terjadi wabah maupun  bencana Alam, dan juga beharap tahun ini dan selanjutnya tidak terjadi bencana  maupun hama  tanaman.

Untuk desa Wates  kecamatan Undaan pada acara sedekah bumi  tahun ini di isi dengan berbagi kegiatan, yakni kegitan doa  memulai event sedejah bumi, komba tembang jawa, festifal dolanan jadul, serta kirab budaya.
Kirab budaya sedekah bumi itu dimulai dari makam stau punden sesepuh desa dan finish di lapangan desa wates 

Warga masyarakat desa Wates  tampak antusias menyaksikan arak arakan peserta kirsb, dengan memadati seoanjang jakan yang di lewati  peserta kirsb budaya.

Sedikitnya ada dua puluh kontingen yang mengikuti kirab tersebut, yang terdi dari berbagai elemen masyarakat, yakni dari lembaga pendidikan ,tokoh masyarakat,lembaga lembafs Desa, RT RW,seoerti ysng di tururkan KeoalaDesa Wates Abdullah Safi" peserra  kirab ada seribu  kebih, kontingenny ada  dari RT, RW lembags lembaga  sekolah, tokoh yg pkoh masyarakat,dan kembsga kembaks desa"  begitu tuturnya.

Abdullah Soffi juga memembahkan, " sedekah bumi ini berdoa bersama masyarakat guyup rukun Saling membantu" begitu  tambah Assofi.



( Faizun)

Kami hadir di Google News
Dan jangan lupa ikuti Saluran WA

Iklan

Advertisement
Advertisement

Advertisement
Advertisement



Advertisement


Advertisement
Advertisement

iklan
Advertisement

iklan
Advertisement
Advertisement
iklan
Advertisement