Iklan

,

Iklan

iklan

Indeks Kanal

Cycling de Jabar, Upaya Dongkrak Keunggulan Potensi Pariwisata Dan Ekonomi Masyarakat Jawabarat

Redaktur
July 08, 2023, 1:03:00 PM WIB Last Updated 2023-07-30T04:13:04Z

SUKABUMI|SUARANA- Sebanyak 145 Peserta Cycling de Jabar 2023 di Pantai Palangpang, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Cycling de Jabar dibuka langsung oleh Bupati Sukabumi,dengan mengambil tema Nyambungkeun Sumangeut, Sabtu 08/07/2023.


Dari informasi yang didapat, peserta cycling ini berasal dari Jabar, Jakarta, bahkan ada peserta dari Negara tetangga seperti Malaysia dan Belanda yang akan menyusuri pantai selatan Jabar sepanjang 367 kilometer, mulai dari Geopark Ciletuh Palabuhanratu hingga Pangandaran, yakni, Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, dan Pangandaran. Track yang akan dilalui tersebut menjadi daya tarik tersendiri hingga tantangan baru bagi para pembalap sepeda Cycling de Jabar. 


Wakil Redaktur Harian Kompas Antonius Tomi Nugroho menjelaskan, acara yang diinisiasi oleh Harian Kompas itu bertujuan mempromosikan keunggulan potensi pariwisata  Jawa Barat selatan yang luar biasa kepada dunia


"Pariwisata Jabar Selatan ini sangat unik karena memiliki pantai yang sangat indah dan track yang cukup menantang, sehingga akan menjadi tantangan baru bagi pembalap sepeda" Ungkapnya. 


Menurut Antonius, dari tahun ke tahun cycling de Jabar ini semakin baik karena diminati tim internasional, oleh karena itu masyarakat dan birokrasi harus mempersiapkan dalam pertumbuhan pariwisata kedepan. 


"Sekarang ada dua peserta internasional yang mengikuti acara ini lalu nanti mereka akan bercerita dengan club-club sepeda negara lain, selanjutnya seperti bola salju makin besar dan makin terkenal" Katanya.


Ada dua Etape untuk menempuh Geopark Ciletuh sampai Pangandaran antara lain  Etape pertama peserta bakal melintasi berjarak sekitar 199,7 km dengan ketentuan batas waktu perlombaan selama 11 jam dimulai dari Geopark Ciletuh dan berakhir di Ranca Buaya, Jelasnya.


Kemudian, etape kedua dengan jarak sejauh 168,8 km. Peserta melanjutkan perjalanan dari Ranca Buaya dan menyelesaikan perjalanan di Pangandaran Sunset Park dengan batas waktu 10 jam.


"Dalam dunia sepeda setiap hari itu hanya satu etape, dimana etape pertama dilaksanakan hari ini dan etape kedua dilanjutkan besok" Ujarnya. 


Bupati Sukabumi mengaku sangat terbantu adanya Cycling de Jabar 2023 yang diinisiasi oleh Harian Kompas yang berkolaborasi dengan Pemerintah dan BJB dalam pengembangan Jabar Selatan. 


"Kegiatan ini harus menjadi kegiatan berkelanjutan dalam tatanan pengembangan pariwisata dimata dunia" himbaunya.


Bupati menambahkan, bahwa Cycling de Jabar 2023 dapat mencetak bibit unggul atlet balap sepeda nasional, khususnya Jabar yang siap mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. 


"Selain promosi pariwisata Jabar cycling Jabar ini manfaat yang bisa diperoleh juga tentunya potensi usaha akan meningkat dari mulai Kab. Sukabumi hingga Pangandaran" pungkasnya.


Bupati menambahkan, rute dengan menyusuri lima wilayah yakni, Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, dan Pangandaran diharapkan bisa memperkenalkan destinasi wisata dan memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat, karena ini selaras dengan program pemerintah untuk menjadikan sektor wisata menjadi pengungkit kebangkitan ekonomi.



 Rep: Duduh Sukriadi.

   Editor: Rin**



 

Iklan

Advertisement
Advertisement

Advertisement
Advertisement



Advertisement


Advertisement
Advertisement

iklan
Advertisement

iklan
Advertisement

iklan
Advertisement