Iklan

,

Iklan

iklan

Indeks Kanal

Peringati Hari Sungai Nasional, UPTD PSDA WIL-SUNG Gandeng Masyarakat Desa Bencoy dan Dinas Perikanan Kab Sukabumi

Redaktur
July 28, 2023, 6:40:00 PM WIB Last Updated 2023-07-30T23:41:05Z

 

SUKABUMI|SUARANA-  Masyarakat Desa Bencoy Kec Cireunghas Kab Sukabumi, berkolaborasi dengan UPTD PSDA WIL-SUNG Cisadea -Cibareno berinisiasi dalam rangka Kegiatan Bersih-Bersih sungai untuk memperingati hari sungai nasional Tahun 2023, yang jatuh pada setiap tanggal 27 Juli. Diketahui Penetapan Hari Sungai Nasional ditetapkan sejak tahun 2011 melalui Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2011. Kamis 27/07/2023.


Berlokasi di Sungai Cimandiri  depan stasiun Cireunghas Desa Bencoy Kecamatan Cireunghas. Dalam kesempatan itu pula dilakukan penanaman pohon disempadan  sungai dan restocking ikan.


Penanaman pohon itu sendiri dilaksanakan di sempadan kiri dan kanan sungai Cimandiri, bantuan pohon itu diperoleh  dari Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah III Prov Jabar dan LSM Dampal Jurig. Jenis pohon yang ditanam terdiri dari berbagai jenis, dari mulai mahoni, durian, manglid dan jenis pohon lainnya yang cocok ditanam di sempadan sungai.


Selain dari penanaman pohon, Kegiatan dilanjutkan dengan restocking ikan, pada kesempatan tersebut dinas perikanan kabupaten sukabumi melakukan restocking ikan tawes sebanyak 3.000 ekor ke sungai Cimandiri. Restocking ikan juga dilaksanakan oleh Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Sukabumi yaitu sebanyak 50.000 ekor jenis ikan nilem. 


Restocking benih ikan tersebut berfungsi untuk menjaga keseimbangan alam,  mengembalikan fungsi dan peran sungai sebagai ekosistem akuatik yang seimbang. Fungsi lain dari Restocking adalah meningkatkan stock populasi ikan di sungai, meningkatkan produksi, melestarikan keanekaragaman sumberdaya ikan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. 


Kegiatan tersebut secara umum bertujuan, agar semua pihak lebih peduli dalam menjaga kebersihan dan kelestarian sungai-sungai dan juga membantu dalam proses pemulihan sungai-sungai yang rusak dan tercemar serta meningkatkan pemahaman, partisipasi dan terlibat aktif dalam menjaga pengelolaan sungai.


Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala UPTD PSDA WIL-SUNG Cisadea -Cibareno, Kepala Dinas Perikanan, Kodim 0607, Kepala Dinas PU Kab Sukabumi, Kepala Dinas PUTR Kota Sukabumi, Kepala Dinas Pertanian Kab Sukabumi, Kepala DLH Kab Sukabumi, Kepala DLH Kota Sukabumi, Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Sukabumi, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah III Prov Jabar, Kepala BPBD Kab Sukabumi, Kepala BPBD Kota Sukabumi, Kepala P3DW Kab Sukabumi, Kabag SDA Setda Kab Sukabumi, Camat Cireunghas, Camat Gegerbitung, Polsek Cireunghas, Polsek Gegerbitung, Danposramil Cireunghas, Koramil Gegerbitung, FAO, PMI Kab Sukabumi, Kepala BJB Cabang Sukabumi, PT.Aqua Golden Missisippi, PT.Semen Jawa, PT. Millagros Putra Mandiri, PT.Asia Healt Energi Beverages, PT.Darussyifa Hikmah Tirta,  PT. Indonesia Power, PT. Djarum, PT.Male Karya Bersinar, PT.Patriot Intan Abadi, PT. Watu Petra Utama, LSM Peduli Lingkungan Dampal Jurig, Komunitas Arung Jeram, . Komunitas GGS, Komunitas SMLC, Komunitas CSHC,  Komunitas Sidat Mania Sukabumi, Forum Masyarakat Peduli Cimandiri.

  Serta Masyarakat Cireunghas.


          Editor: Rinto**

 

Iklan

Advertisement
Advertisement

Advertisement
Advertisement



Advertisement


Advertisement
Advertisement

iklan
Advertisement

iklan
Advertisement
Advertisement
iklan
Advertisement