Iklan

,

Iklan

iklan

Indeks Kanal

Polres Nabire Ubah Materi Ujian Praktik SIM Angka 8 Menjadi Huruf S

August 07, 2023, 8:03:00 PM WIB Last Updated 2023-08-07T13:03:34Z


NABIRE | Papua Tengah - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Nabire, secara resmi mengumumkan perubahan sirkuit untuk ujian praktik pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM).


"Mulai hari ini Senin tanggal 07 Agustus 2023 secara serentak, ujian praktik SIM akan menggunakan lintasan berbentuk huruf ‘S’ sebagai pengganti manuver angka 8 yang sebelumnya digunakan dan zig-zag ditiadakan/hilangkan," kata Kasat Lantas AKP Jusman Mori, S.I.K., MM disela-sela uji praktik R2 baru bertempat di Mapolres Nabire pagi tadi.


Perubahan ini dilakukan menyusul hasil evaluasi dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri yang menyatakan bahwa manuver angka 8 menyulitkan peserta ujian.


Kasat Lantas AKP Jusman mengatakan, selain perubahan bentuk lintasan, lebar sirkuit ujian praktik juga mengalami penyesuaian.


Lintasan yang sebelumnya terbilang sempit, dengan ukuran lebar 1,5 kali lebar kendaraan, kini diperlebar menjadi 2,5 kali lebar kendaraan.


“Tujuan dari perubahan lebar lintasan ini adalah untuk mengakomodasi empat materi ujian praktik, sehingga peserta ujian memiliki ruang yang lebih luas dan aman dalam menjalani ujian,” ungkap Kasat Lantas.


Kasat Lantas menambahkan, perubahan lintasan ujian praktik SIM ini merupakan langkah proaktif dari Polres Nabire untuk terus meningkatkan kualitas ujian dan memastikan keselamatan seluruh peserta ujian.


Dengan bentuk sirkuit yang berubah menjadi huruf ‘S’, diharapkan ujian praktik SIM akan lebih mudah dilakukan oleh peserta tanpa mengurangi tingkat kesulitan yang seharusnya dihadapi dalam ujian.


Selain itu, lanjut Kasat Lantas AKP Jusman, perluasan lebar lintasan adalah langkah penting untuk memberikan kesempatan lebih bagi peserta ujian untuk menunjukkan kemampuan berkendara mereka dengan lebih baik dan lebih aman.


“Dengan adanya perubahan ini, diharapkan tingkat kelulusan ujian praktik SIM dapat meningkat, sekaligus menciptakan pengemudi yang lebih terampil dan bertanggung jawab di jalan raya,” ungkapnya.


Dengan perubahan bentuk lintasan menjadi huruf ‘S’ dan perluasan lebar sirkuit ujian, Satlantas Polres Nabire berharap para calon pengemudi dapat mengikuti ujian praktik SIM dengan lebih baik dan memberikan dampak positif dalam kesadaran berkendara serta keselamatan di jalan raya.


“Harapannya dengan perubahan yang dilakukan dapat meningkatkan kemampuan motorik pada calon pengemudi sehingga mereka bisa aman ketika berkendara di jalan,” pungkas Kasat Lantas AKP Jusman.


(Syarif)

Iklan

Advertisement
Advertisement

Advertisement
Advertisement



Advertisement


Advertisement
Advertisement

iklan
Advertisement

iklan
Advertisement

iklan
Advertisement