Iklan

,

Iklan

iklan

Indeks Kanal

Desa Mijen Salah Satu Peserta lomba desa yang cukup Inovatif

Redaktur
April 26, 2024, 11:53:00 AM WIB Last Updated 2024-04-26T04:53:18Z
KUDUS | Suarana.com - Desa Mijen, sebagai salah satu peserta lomba Desa tingkat Kabupaten Kudus yang mewakili  Kecamatan Kaliwungu itu tergolong Desa yang  cukup inovativ dan kreatif.

Pasalnya Desa yang terletak di belahan barat Kabupaten Kudus itu banyak melakukan inovasi di bidang teknologi pertanian hingga tekhnologi informatika, Dibidang tekhnologi pertanian, Desa Mijen melakukan inovasi  hingga mampu menciptakan alat / mesin cocok tanam berupa mesin penanam padi otomatis, alat ini bisa melakukan penanaman padi secara otomatis, dan lebih efisien  dari segi pembiayaan cukup tinggi,
Dengan menggunakan bahan bakar mirolisin yaitu bahan  daur ulang dari plastik yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi bahan bakar.

Sedang di bidang teknologi informasi,
Desa Mijen melakukan inovasi dengan menciptan mesin layanan mandiri APM (Ajungan Pelayanan Mandiri )  yakni berupa mesin anjungan yang bisa melayani semua kepentingan masyarakat Desa terkait layanan administrasi Desa.
Kemudian yang  juga menjadi unggulan Desa Kaliwungu yaitu Bumbesnya, Bumdes  Sapto karya manunggal ini pada tahun 2022 masuk lima besar tingkat Nasional,dengan memperoleh anugrah Nugraha karya Desa Brilian dari BRI, dengan predikat Bumdes Maju.
Selain itu Destana ( Desa tanggap bencana) Desa Mijen juga membuat inovasi baru  yang diberi nama OTT, Operasi Tangkap Tawon( lebah ), inovasi ini terinspirasi dari adanya musibah salah satu warga  Desa Mijen yang meninggal dunia akibat disengat lebah,dan dari kejadian tersebut Destana Desa Mijen  membuat inovasi OTT.

Pada kesempatan itu camat Kaliwungu Satrio Agus Himawan pada sambutannya berharap  pada even lomba Desa tahun 2024 ini 
Desa Kaliwungu bisa menjadi desa yang terbaik dari yang terbaik" harapan kami bahwa Desa Mijen   dalam lomba Desa di tahun dua ribu dua empat ini bisa maksimal dan tentunya bisa menjadi Desa yang terbaik dari yang terbaik, begitu harap Satrio.
Acara lomba desa tersebut di laksanakan di depan kantor Balai Desa Mijen Kecamatan Kaliwungu Kudus, Kamis ( 25/4/2024).



( Faizun )

Kami hadir di Google News
Dan jangan lupa ikuti Saluran WA

Iklan

Advertisement
Advertisement

Advertisement
Advertisement



Advertisement


Advertisement
Advertisement

iklan
Advertisement

iklan
Advertisement

iklan
Advertisement